Bulletin

Surat dari Redaksi (Ropansuri Edisi Juli 2014)

14 Juli 2014

Selama masa kepengurusan presidium PP IKABI 2012-2015, sejak dilantik di Bali tahun 2012 sampai saat ini telah menyelesaikan beberapa program, antara lain :
1. Merubah AD/ART melalui Muktamar Luar Biasa bulan Agustus tahun 2013 di Semarang yang disesuaikan dengan periodisasi kepengurusan PB IDI yaitu dari 2 tahun menjadi 3 tahun, sehingga Muktamar IKABI berikutnya akan diadakan bulan Juli tahun 2015 di Surabaya.
2. Dengan adanya kegiatan internasional berupa ICS Indonesian Section bekerjasama dengan PP IKABI & HIPKABI mengadakan kongres ICS Dunia ke-39 di Bali tanggal 21-25 Oktober 2014, maka PIT IKABI ke-20 yang semula direncanakan di Medan tahun ini (2014) digabungkan ke acara World Congress of ICS ke-39 di Bali tersebut, sehingga PIT IKABI di Medan dibuat agenda ulang yaitu menjadi PIT ke-21 tahun 2016.
3. PP IKABI membantu dan mendukung program Kemenkes RI terutama dalam mensukseskan JKN/BPJS, bantuan & dukungan PP IKABI yaitu dengan menerbitkan buku PNPK Penangganan Trauma, Kewenangan Tindak Medik & Clinical Pathway. Juga turut membantu program PDSM, MRA 2015, sistem rujukan, dll
4. Para sejawat dokter spesialis bedah dan para direktur rumah sakit se-Indonesia dapat mempuyai dan memesan buku PNPK Penangganan Trauma, KTM & CP beserta 4 Pedoman PPK 1,2,3 pada sekretariat PP IKABI
5. Saat ini PP IKABI bersama para pakar dari PERABOI, PERBANI, IKABDI dan wakil multisenter sedang menyusun 3 buah buku PNPK (Peritonitis Umum dengan koordinator penulis Dr. Nurhayat Usman & DR. Dr. Kiki Lukman; Keganasan Payudara dengan koordinator penulis Dr. Sonar Soni Panigoro & Dr. Heru Purwanto; Penyakit Hirschprung dengan koordinator penulis Prof. Farid Nurmantu & Prof. Andi Asadul)
6. Dalam menyelesaikan permasalahan tumpang tindih yang merupakan salah satu program MPPK IDI & KKI, maka PP IKABI telah memulai menyelesaikan kedalam organisasi IKABI berserta 10 OPLB & kolegium terkait dalam bentuk 10 Kesepakatan Kewenangan Tindak Medik.
7. Masalah MRA 2015, dimana akan masuk dokter asing & pemodal asing, PP IKABI masih terus mengikuti pembicaraan-pembicaraan dengan pihak-pihak terkait (Kemenkes, KKI, PB IDI, Kemendag, dll).
8. Masalah BPJS dan evaluasi perbaikan tarif memang belum sempurna dan PP IKABI terus menerus memperjuangkan agar paket tarif di rumah sakit kelas B/C/D Non Pendidikan ditingkatkan untuk menghargai mereka yang bekerja di daerah DTPK. Perbaikan tarif pada revisi bulan September 2014 hanya pada 39 paket tarif.
9. Buletin Ropanasuri edisi juli 2014 ini banyak memuat berita kongres ICS seduani ke-39, silahkan menyimaknya.

Jakarta, 20 September 2014
Redaksibuku-acuan